Koalisi Indonesia Maju, Airlangga Hartarto: Cerminan Kelanjutan Program Pak Jokowi

Gabungan partai politik pendukung Prabowo Subianto sebagai capres di Pilpres 2024, dinamakan Koalisi Indonesia Maju. Seiring masuknya Golkar, PAN, PBB. Sebelumnya saat masih Gerindra dan PKB, bernama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya atau KKIR.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengatakan nama Koalisi Indonesia Maju dibuat secara spontan. Nama koalisi itu kata dia, mencerminkan kelanjutan program dari pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini.

“Jadi kita berembuk mencari nama apa yang paling mencerminkan keberlanjutan program Pak Presiden. Akhirnya kita ketemu pada kata-kata Koalisi Indonesia Maju karena memang visi Indonesia ke depan 2045 maju, sejahtera dan adil,” ucap Airlangga kepada wartawan di kawasan Jakarta Pusat, dikutip Selasa, 29 Agustus 2023.

Saat ditanya apakah sudah melaporkan ke Presiden Jokowi, ihwal nama koalisi, Airlangga menegaskan nama tersebut dibuat secara spontan.

“Kalau nama, namanya spontanitas,” tutur Menko Perekonomian Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 itu.

Koalisi Indonesia Maju

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengumumkan perubahan nama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Kini, koalisi itu berganti menjadi Koalisi Indonesia Maju.

Adapun Koalisi Indonesia Maju menaungi Partai Gerindra, PKB, Golkar, PAN dan PBB yang mendukung Prabowo maju sebagai bakal capres pada Pilpres 2024.

Perubahan nama itu disampaikan Prabowo melalui sambutannya dalam acara peringatan HUT ke-25 Partai Amanat Nasional (PAN) di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Senin, 28 Agustus 2023.

Prabowo mengatakan Koalisi Indonesia Maju itu dibuat karena dirinya ingin meneruskan perjuangan dan kepemimpinan Presiden Jokowi. Adapun nama Indonesia Maju digunakan Jokowi untuk menamai kabinet di periode kedua kepemimpinannya selaku Presiden RI.

“Sepenuh hati saya ingin teruskan perjuangan beliau dan bersama tim kita tadi, ketua umum berembuk meski sebentar, ya, Pak Zul, Pak Airlangga, Gus, sama Profesor. Kita sepakat koalisi kita, kita beri nama Koalisi Indonesia Maju,” ucap Prabowo di Hotel Sultan, Jakarta Pusat.

Sumber : viva.co.id