Ini Jurus Menko Airlangga Kejar Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat

Inovasi menjadi kata kunci bagi pemerintah dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi agar tetap dapat bersaing di tengah lingkungan yang dinamis,

Tak hanya itu, inovasi juga sekaligus menjadi katalis dalam pencapaian kesejahteraan masyarakat dalam lingkung yang lebih luas.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, saat hadir dalam ajang 4th Indonesia Top Bank Awards 2023 dan Indonesia Top Banking CEO 2023, yang digelar pekan lalu.

“Dalam menyongsong visi Indonesia Emas dan perubahan ke depan, kita perlu bekerja sama untuk mendorong ekonomi melalui inovasi dan terobosan terbaik. Hal itu harus mulai dilakukan oleh semua pihak, mulai dari pemerintah, individu, UMKM, sampai korporasi besar,” ujar Airlangga, dalam sambutannya.

Menurut Airlangga, Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu juga telah meluncurkan visi menuju Indonesia Emas 2045.

Dalam visi tersebut, Jokowi menekankan pentingnya memanfaatkan peluang berupa bonus demografi yang bakal dialami Indonesia pada tahun 2030-an mendatang.

Dengan jumlah penduduk usia produktif saat itu bakal mencapai 68,3 persen dari total populasi nasional, perekonomian Indonesia berpotensi berkembang pesat hingga menjadi lima besar dunia.

“Kita harus bekerja keras memanfaatkan peluang ini dengan perencanaan taktis, karena kita berkompetisi dengan negara lain. Harus ada strategi besar dan visi yang taktis,” tegas Airlangga.

Dalam penganugerahan tersebut, PT Bank Pembangunan Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Bank DKI) menjadi salah satu pemenang, dengan memborong dua penghargaan sekaligus.

Dua penghargaan tersebut meliputi Top Bank 2023 in Capital upper 4 Trillion Category, dan penghargaan individu bagi Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy, sebagai Top Banking CEO 2023.

Penghargaan tersebut didasarkan pada penilaian kinerja keuangan Bank DKI dalam periode 2021 hingga 2022, dengan mempertimbangkan aspek profitabilitas dan rentabilitas, dengan penilaian Rank sebesar 40 persen dan Growth sebesar 60 persen.

“(Penghargaan) Ini tentu menjadi persembahan Bank DKI kepada Pemprov DKI Jakarta sebagai kado istimewa pada momen ulang tahun Provinsi DKI Jakarta yang ke-496 tahun,” ujar Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy, dalam sambutannya, usai menerima penghargaan.

Sebagai BPD milik Pemprov DKI Jakarta, menurut Fidri, Bank DKI akan terus berperan dalam mendorong pembangunan dan agen penyetaraan ekonomi masyarakat, khususnya di lingkup DKI Jakarta.

Sejauh ini, Bank DKI terus melakukan serangkaian kolaborasi dengan berbagai entitas dalam mata rantai pelaku ekonomi di DKI Jakarta.

Di antaranya dalam berbagai penyaluran kredit sindikasi melalui kolaborasi antara Bank DKI dan Bank Pembangunan Daerah dari seluruh Indonesia (BPD-SI).

Langkah strategis ini disebut Fidri bakal tersus dilakukan Bank DKI sebagai upaya mengambil peran dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045, dengan mendukung keberhasilan pembangunan infrastruktur, sektor industri, dan sektor lainnya yang memiliki potensi pertumbuhan tinggi.

“Bank DKI berperan sebagai mandated lead arranger yang memastikan kelancaran dan keberhasilan penyaluran sejumlah kredit sindikasi tersebut,” tegas Fidri.

Sumber : kabargolkar.com