Bakal Dilantik Jokowi Pekan Depan, Simak Kembali 3 Kandidat Menpora Muda dari Golkar

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya menyampaikan kabar baik mengenai pengganti Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Ia bakal melantik Menpora anyar pada pekan depan.

“(Pelantikan menpora) minggu depan,” kata Jokowi usai meresmikan KEK Lido City, Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023).

Zainudin Amali mengantarkan surat pengunduran dirinya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) ke Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Kamis (9/3/2023). Ia mengundurkan diri usai terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI mendampingi Erick Thohir.

Sebagai pengganti Zainudin, Partai Golkar langsung mencari sosok pengganti yang tepat untuk duduk di kursi Menpora. Ada tiga nama tokoh Golkar muda yang disodorkan Partai Golkar kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Ketiga nama yang dimaksud ialah Dito Ariotedjo, Puteri Anetta Komaruddin dan Ilham Permana.

Ketiga nama tersebut beredar beberapa hari lalu sebagai sosok yang dipilih Golkar untuk menjadi Menpora.

Dari tiga nama itu, siapa yang paling cocok menduduki kursi Menpora? Simak profil masing-masing kandidatnya.

  1. Dito Ariotedjo

Pria ini memiliki nama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo. Pria kelahiran Jakarta, 25 September 1990 ini merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI).

Ia juga tercatat sebagai lulusan SD Tarakanita 2 Jakarta, SMP Al Izhar Jakarta dan SMA Negeri 6 Jakarta.

Sejak masih menjadi mahasiswa ia aktif dalam organisasi kemahasiswaan. Ia sempat menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Gerakan Pelajar dan Mahasiswa Pembaharuan (GPMP).

Bukan hanya itu, suami dari Niena Kirana Riskyana pernah menjabat sebagai Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022.

Di bidang olahraga, Dito pernah menjadi Ketua Umum Pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia Provinsi DKI Jakarta.

Sejak 2021, Dito bekerja sama dengan CEO Prestige Motor, Rudy Salim, Raffi Ahmad untuk membesarkan Rans Sport. Dito mendapatkan jabatan sebagai Chairman Rans Nusantara FC.

Di Partai Golkar sendiri, Dito memiliki jabatan yang bukan kaleng-kelang. Saat ini, ia menjabat sebagai Kepala Lembaga Inovasi dan Kreativitas DPP Partai Golkar.

Ia juga masuk ke dalam tim ahli Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto.

  1. Puteri Anetta Komaruddin

Perempuan berparas manis ini lahir di Kota Bandung, 21 Agustus 1993. Belum menginjak usia 30, Puteri berhasil menjadi wakil rakyat sebagai anggota Komisi XI DPR RI periode 2019-2024.

Sebelum bekerja di gedung DPR RI, Puteri kuliah di Universitas Melbourne dan lulus pada 2015. Anak dari politisi senior Partai Golkar Ade Komarudin mampu kuliah di sana dengan beasiswa Global B.Com.

Bersamaan dengan itu, Puteri juga berhasil menuntaskan program HBX CORe: Credential of Readiness.

2018 menjadi awal Puteri terjun ke dunia politik dengan bergabung bersama Partai Golkar. Puteri mengemban banyak jabatan seperti saja Wakil Sekretaris Golkar Institute, Ketua Koordinator bidang Perekonomian, Pimpinan Pusat Kesatuan Perempuan Partai Golkar hingga Ketua Bidang Keuangan dan Pasar Modal DPP Partai Golkar.

Ia juga menjabat sebagai Ketua Bidang Kemitraan Perbankan dan Pasar Modal Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI), Dewan Kehormatan Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (Persani), Wakil Ketua Umum AMPI dan Wakil Ketua umum Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI).

  1. Ilham Permana

Pria kelahiran 22 Desember 1978 ini juga disodorkan untuk menjadi pengganti Zainudin Amali. Saat ini ia menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Angkatan Muda Partai Golkar (PP AMPG).

Selain itu, Ilham juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Ormas MKGR.

Ia lantas dipercaya untuk menjadi Wakil Ketua Umum PB Wushu Indonesia.

Politisi muda Golkar itu juga sempat menduduki posisi sebagai Ketua DPRD Kabupaten Bogor periode 2014-2019.

Sumber : suara.com