Golkar Sodorkan Tiga Calon Menpora, Jokowi Minta Tokoh Muda

Presiden Joko Widodo memastikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI adalah anak muda. Jabatan Menpora itu kosong sejak Zainudin Amali mengundurkan diri. Ia lebih memilih jadi Wakil Ketua Umum PSSI, mendampingi Erick Thohir.

Untuk sementara jabatan Menpora RI dirangkap oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy. Belum ada kepastian, sampai kapan lowongan Menpora itu dibiarkan kosong.

Jokowi telah menerima nama-nama calon kuat pengganti Zainudin Amali. Salah satu kriterianya sudah dibocorkan ke publik, Senin, 20 Maret 2023. “Kriterianya tentu muda,” ujar Jokowi dalam keterangannya.

Nama-nama itu diserahkan oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia. Jatah Menpora memang milik Golkar.

Jokowi mengatakan, calon yang disodorkan Golkar belum bisa diumumkan saat ini. “Menpora belum diputuskan, tapi nama-nama dari pak ketua Golkar sudah masuk ke kita. Tapi belum diputuskan, belum saya putuskan,” ucap Jokowi.

Jokowi mempersilakan kepada media bertanya langsung kepada ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto untuk mengetahui nama-nama yang sudah diberikan kepadanya.

Sebelumnya, Golkar sudah mengumumkan telah menyetorkan tiga nama ke Jokowi. Presiden memiliki hak untuk mengambil tiga nama itu atau menolaknya.

Politisi Golkar Muhammad Fauzi mengatakan ada tiga nama yang beredar: Putri Komaruddin, Ilham Permana, dan Dito Ariotedjo. Kendati begitu, nama yang muncul masih bersifat spekulasi.

“Kebetulan saya baru datang dari dapil tadi pagi, saya belum dapat informasi. Yang saya dapat informasi dari media itu, 3 nama itu yang didorong. Ada Putri, ada Ilham, satu lagi Dito. Nah, tiga nama itu. Biar Presiden nanti memilih,” kata Fauzi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Sumber : harian.disway.id