Airlangga Klaim Golkar Mantap di KIM Dukung Prabowo

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengeklaim bahwa partai politik yang dipimpinnya sudah mantap memberikan dukungan untuk pencalonan Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres) melalui Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Hal ini disampaikan Airlangga merespons isu yang berkembang bahwa partai berlogo pohon beringin itu masih membuka kemungkinan untuk berpindah haluan politik pada beberapa pekan terakhir sebelum pendaftaran bakal capres dan calon wakil presiden (cawapres) ditutup Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 25 Oktober 2023. “Golkar sudah firmed (mantap) di KIM,” kata Airlangga ditemui selepas acara “Golkar Bersholawat” di Stadion Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/10/2023).

Ia juga merespons pertanyaan apakah posisi Golkar tetap mantap apabila Airlangga tak terpilih sebagai bakal cawapres pendamping Prabowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. “Golkar firmed. Semuanya kita rembukan,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu.

Airlangga lantas mengonfirmasi soal kabar beredar bahwa kandidat cawapres pendamping Prabowo telah mengerucut ke empat nama, yakni dirinya, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan putra sulung Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka.

Khusus pencalonan Gibran, KIM juga menanti soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan batas usia minimum capres-cawapres yang akan dibacakan pada Senin (16/10/2023).

Menurut dia, para ketua parpol yang tergabung di dalam KIM akan bertemu pada Jumat (13/10/2023) guna membahas hal tersebut.

Sebelumnya, nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menguat dalam bursa bakal cawapres pendamping Prabowo. Padahal, tahun ini, usianya baru 36 tahun. Oleh karenanya, sejumlah pihak khawatir MK dimanfaatkan untuk kepentingan dinasti politik Joko Widodo (Jokowi).

Pasalnya, jika gugatan batas minimum usia capres-cawapres di MK dikabulkan, Gibran dapat melaju ke Pilpres 2024 pada usia 36 tahun.

Gibran mengakui bahwa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berkali-kali memintanya untuk mendampingi sebagai bakal cawapres pada Pilpres 2024.

“Semua orang kan sudah tahu beliau sudah minta berkali-kali dan sudah saya laporkan ke pimpinan (PDI-P). Ke Pak Sekjen, ke Mbak Puan, dan lain-lain,” kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, pada 9 Oktober 2023.

Atas permintaan itu, ia mengaku juga terkendala usia untuk memenuhi persyaratan maju sebagai bakal cawapres pada Pilpres 2024. “Jawabannya umur tidak cukup,” ujar Gibran.

Sumber : kompas.com