Soal Arah Koalisi Golkar, Airlangga Sebut Masih Dibicarakan dengan Partai Lain

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan, partainya masih berkomunikasi dengan partai politik lain untuk menentukan arah politik menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Kalau bicara Golkar, kita masih melakukan pembicaraan dengan partai-partai dan pembicaraan masih cukup intens,” kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Airlangga mengaku melakukan komunikasi yang intens dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan.

Kemudian, dia juga mengaku memiliki komunikasi yang baik dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dengan demikian, Golkar punya peluang yang sama untuk berkoalisi dengan partai mana pun.

“Ini semua kesempatannya, peluangnya sama. Jadi pembicaraan dengan Pak Zulhas intens, dan demikian pula dengan PKB juga baik,” kata Airlangga.

Meski begitu, Airlangga belum bisa memastikan kapan Golkar akan menentukan arah koalisi karena masih menunggu dinamika politik yang berjalan. “Ya nanti kita lihat perkembangannya, tapi Golkar solid dan komunikasi dengan partai baik semua,” ujar dia.

Untuk diketahui, Golkar hingga kini belum menentukan arah koalisinya ketika hampir seluruh partai politik parlemen sudah menentukan calon presiden yang mereka usung.

Golkar sebelumnya bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Namun, nasib koalisi ini tidak jelas karena PPP telah memutuskan mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden bersama PDI Perjuangan.

Sumber : kompas.com