Naik Kereta Api, Menko Airlangga Cek Aktivitas Ekonomi Masyarakat Usai Pandemi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja ke Cirebon, Jawa Barat pada Jumat, (16/6). Kunjungan ini untuk mengecek aktivitas ekonomi masyarakat di tengah rencana transisi dari pandemi ke endemi Covid-19 pada bulan ini.

Dalam perjalanan dari Stasiun Gambir, Jakarta, Menko Airlangga mengunjungi sejumlah pedagang untuk menanyakan aktivitas perniagaan saat ini. Sejumlah pedagang menceritakan bahwa saat ini Stasiun Gambir telah kembali ramai dan berjalan normal seperti sebelum masa pandemi.

“Aktivitas ekonomi juga sudah berjalan normal dan ini sangat berpengaruh positif bagi ekonomi nasional agar tumbuh semakin kuat,” kata Menko Airlangga Hartarto ujarnya saat melakukan kunjungan kerja ke Cirebon dengan menggunakan moda kereta api.

Selain itu, Menko Airlangga juga menilai mobilitas masyarakat juga telah berangsur normal seiring melandainya kasus penularan harian Covid-19. Apalagi, pasca dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 30 Desember 2022 untuk beranjak menuju endemi.

“Kita bisa melihat bahwa saat ini aktivitas masyarakat sudah mulai normal,” ujar Menko Airlangga.

Menko Airlangga optimis tren pemulihan perekonomian nasional akan terus berlanjut seiring pulihnya aktivitas ekonomi masyarakat. Kondisi ini terjadi seiring kian longgarnya mobilitas masyarakat yang sebelumnya dijaga ketat selama masa pandemi Covid-19 berlangsung.

Merujuk, Surat Edaran Kasatgas Covid-19 Nomor 1 Tahun 2023 pelaku perjalanan diperbolehkan tidak menggunakan masker. Aturan ini berlaku bagi pelaku perjalanan dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19.

Sumber : kabargolkar.com