Partai Golkar Bentuk Koperasi Bantu Calon Pekerja Migran Indonesia yang Kurang Mampu

Koperasi yang diprakarsai Golkar Bali dengan masyarakat telah terbentuk bernama Koperasi Jasa Swadarma Guna Karya Bali. Koperasi yang terbentuk 7 April 2023 memiliki keanggotaan tahap awal 115 orang yang telah melunasi simpanan pokok masing2 sebesar Rp 2 juta rupiah. Bahkan, dana yang telah terkumpul saat ini sebesar Rp 500 juta siap untuk membantu calon pekerja migran Indonesia (CPMI) yang kurang mampu.

Hal itu diungkapkan Ketua DPD Partai Golkar Bali Dr Nyoman Sugawa Korry kemarin (24/5). Pria yang jug menjabat Wakil Ketua DPRD Bali ini mengatakan Proses badan hukum telah berjalan dengan akta No 69, Notaris Linda Hermayanti, dan pengesahan Menkumham no: AHU 001763AHO129 tahun 2023. Ia berharap keanggotaan terus berkembang, baik dari kader Golkar maupun warga masyarakat atau gerakan koperasi.

Adapun susunan pengurus, terdiri dari: Ketua Nyoman Diana; Sekretaris Made Togog; dan Bendahara Ida Ayu Maryani. Sementara yang menjabat sebagai Pengawas IGN Anom Masta, dan Dewan penasehat Dr Nyoman Sugawa Korry.

Sugawa menuturkan usaha koperasi pada tahap awal diprioritaskan bergerak dalam jasa keuangan atau simpan pinjam, khususnya membantu pembiayaan keberangkatan calon pekerja migran dan juga yang bekerja di kapal pesiar. “Karena, saat ini masalah kesempatan kerja ,masih dirasakan sebagai salah satu masalah di daerah bali, pasca-covid 19.Pengurus juga telah mengikuti diklat dan lulus kompetensi atau bersertifikat yang diberikan oleh Badan Litbang Koperasi Provinsi Bali,” ujarnya

Masyarakat sangat antusias ikut bergabung di koperasi ini. Banyak yang berminat sehingga anggota terus bertambah. Calon pekerja juga sudah banyak yang menghubungi pengurus untuk difasilitasi. “Demikian informasi dari Made Togog Sekretaris pengurus dan Ketua koperasi, Nyoman Diana yang juga owner perusahaan terbesar penyalur tenaga kerja kapal pesiar di Bali. Kesempatan naker terbuka lebar, masyarakat semakin antusias,” tutur Sugawa.

Pada Jumat (26/5) juga akan diadakan babak akhir wawancara yang diikuti sekitar 1000 CPMI. Koperasi Swadarma Guna Karya Bali siap memfasilitasi biaya pemberangkatan yang diprioritas para CPMI yang kemampuan ekonomi lemah dan terbatas.

Alamat kantor koperasi di Jalan Gatot Subroto Timur 10 D Denpasar. Bahkan, saat ini koperasi telah siap dana sebesar Rp 500 juta dari simpanan pokok dan penyertaan dari anggota. Pada tahap awal akan diberangkatkan 30 CPMI.

Nyoman Sugawa Korry, meyakini koperasi ini akan memberi mamfaat yang besar dalam rangka membantu masyarakat memperoleh kesempatan kerja yang baik. Niscaya pada saatnya menjadi koperasi yang besar di Bali ini, karena didukung oleh komitmen dan profesionalisme para pengelolanya.

Sumber : kabargolkar.com