Usai Pertemuan dengan PKB, Golkar Konsisten Airlangga sebagai Capres

Tim perwakilan Partai Golkar dan PKB menggelar pertemuan pada Rabu (10/5) untuk membahas teknis pemenangan koalisi inti di 2024. Pertemuan itu juga membahas, bagaimana untuk memperbesar koalisi.

Namun, Ketua DPP PKB Faisol Riza mengaku senang jika Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menjadi ketua tim pemenangan untuk pasangan Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Pilpres 2024.

Menanggapi hal itu, Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily menegaskan jika pertemuan tersebut tidak ada pembicaraan terkait Airlangga menjadi ketua tim pemenangan Prabowo-Cak Imin di Pilpres 2024.

“Tidak ada pembicaraan tadi soal usulan itu,” kata Ace, saat dikonfirmasi, dikutip Kamis (11/5).

Dia pun menengaskan, jika Partai Golkar tetap konsisten mengusung Airlangga Hartarto sebagai calon presiden 2024.

“Kami Partai Golkar masih tetap konsisten dengan mandat Partai Golkar di mana Pak Airlangga sebagai capres,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ace mengungkapkan pertemuan kedua partai itu hanya membahas dua hal. Pertama, akan memperluas dukungan partai politik dalam koalisi besar di mana Partai Golkar dan PKB sebagai koalisi inti.

Kedua, kita membahas soal strategi pemenangan koalisi besar ini jika dukungan politiknya semakin besar,” ucap Ace.

Ace menekankan, jika pembahasan capres dan cawapres tidak dibicarakan dalam pertemuan dengan PKB. “Soal capres dan cawapres tidak dibahas dalam pertemuan tadi,” tuturnya.

Dia menyebut pembahasan dan keputusan paslon yang diusung koalisi besar akan diserahkan kepada para ketua umum.

“Soal pembahasan figur Capres maupun Cawapres dalam koalisi besar ini, kami bersepakat untuk menyerahkan kepada para Ketua Umum koalisi,” imbuh dia.

Sebelumnya, Kepala Bappilu Presiden Perwakilan PKB, Faisol Reza mengatakan, pembentukan koalisi inti dengan Partai Golkar bukan untuk mengerucutkan sosok calon wakil presiden (cawapres). Sebab, sampai saat ini sosok yang tengah dibahas yakni pasangan Prabowo Subianto dengan Cak Imin.

“Enggak ada (pembahasan cawapres), ini untuk pemenangan aja (Prabowo-Cak Imin)” kata Faisol, saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (10/5).

Dia pun menyebut, kontrak koalisi yang sedang dibahas dengan Partai Golkar yakni Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi ketua tim pemenangan Prabowo-Cak Imin di Pilpres 2024.

“Kita senang kalau Pak Airlangga jadi ketua tim pemenangan,” ungkapnya.

Sumber : kabargolkar.com