PAN dan PPP Sempat Tolak Israel, Golkar Tegaskan Bukan Sikap KIB

Ketua DPP Golkar Dave Laksono menegaskan aksi penolakan Timnas Israel U-20 oleh politikus PAN dan PPP bukan sikap Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).
Dia menilai pernyataan penolakan itu merupakan pendapat pribadi para politikus terkait. Menurutnya, partai-partai di KIB tidak mengeluarkan sikap secara kelembagaan dalam menolak Timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20.

Diketahui, FIFA telah memutuskan membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang sejatinya digelar Mei mendatang karena menimbang ‘perkembangan situasi terkini’ (current circumstances).

“Tidak ada sikap tegas dari partai apalagi koalisi,” kata Dave kepada CNNIndonesia.com, Kamis (30/3).

Dave menegaskan pembatalan Piala Dunia U-20 tak ada kaitannya dengan kerja KIB. Dia menyebut partai-partai yang menolak kehadiran Israel bukan berasal dari KIB.

“Yang kencang kan PKS dan PDIP,” ujarnya.

Dave lalu mengirim gambar yang ia dapat dari internet. Gambar itu terdiri dari kolase foto Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster yang juga dikenal sebagai kader PDIP.

Di bagian bawah gambar itu ada tulisan “I Wayan Koster dan Ganjar Pranowo, dua gubernur yang bertanggung jawab batalnya Piala Dunia U-20 Indonesia”. Dave tak menjelaskan maksud mengirim foto tersebut.

Sebelumnya, FIFA mencabut status tuan rumah Piala Dunia U-20 dari Indonesia. Kebijakan itu menyusul gelombang penolakan terhadap Timnas Israel.

Penolakan datang dari berbagai kalangan, termasuk partai politik. PAN dan PPP sempat ikut menolak Timnas Israel. Mereka beralasan konstitusi menjamin hak kemerdekaan bagi segala bangsa, termasuk Palestina.

Sumber : cnnindonesia.com