Senada dengan Jokowi, Ketum Golkar Kasih Kisi-kisi Calon Menpora: Ada yang Muda dan Merasa Muda

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan kisi-kisi Menteri Pemuda dan Olahraga pengganti Zainudin Amali. Senada yang disampaikan Presiden Jokowi, Airlangga menyebut ciri-cirinya ialah muda.

Tetapi Airlangga tidak spesifik dalam menyebut ciri-ciri Menpora. Jatah kusi Menpora kemungkinan besar tetap untuk Golkar karena Zainudin Amali merupakan politikus partai berlaambang pohon beringin.

“Jadi Menpora ada yang muda, ada yang pria, ada yang wanita, ada yang merasa muda juga,” kata Airlangga di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Airlangga mengakui bahwa Golkar menyetor lebih dari satu nama sebagai calon Menpora kepada Jokowi. Walau begitu, Airlangga menyerahkan keputusan final kepada Jokowi.

“Tentu sesuai dengan apa yang nanti diputus pak presiden, kita tunggu saja,” kata Airlangga.

Sebelumnya Jokowi mengungkap kriteria calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pengganti Zainudin Amali. Kriteria itu yakni sosok tersebut harus muda.

“(Kriteria Menpora yang diinginkan) muda,” kata Jokowi ditemui usai acara penghargaan penanganan Covid-19 di Jakarta, Senin (20/3/2023).

Kendati begitu, Jokowi mengaku hingga kekinian dirinya belum memutuskan soal sosok Menpora pengganti Zainudin Amali. Walaupun Partai Golkar sudah menyodorkan sejumlah nama.

“Menpora belum diputuskan tapi nama nama dari pak ketua Golkar sudah ke kita. Tapi belum diputuskan, belum saya putuskan,” tuturnya.

Kandidat Pengganti Zainudin Amali

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengatakan, bahwa kekinian masih menunggu keputusan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi soal siapa pengganti Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Golkar sendiri sudah menyodorkan paling tidak 3 nama kepada Presiden Jokowi untuk menggantikan Zainudin Amali menjadi Menpora.

“Ya tergantung, kita tunggu saja dari pak presiden,” kata Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (13/3/2023).

Ia mengatakan, komunikasi dirinya dengan Zainudin Amali terus dilakukan. Terlebih soal siapa pengganti Zainudin sebagai Menpora nantinya.

“Komunikasi setiap hari,” tuturnya.

Sementara di sisi lain, ditemui di tempat yang sama, Sekjen DPP Partai Golkar, Lodewijk F Paulus, mengatakan, bahwa Golkar memang sudah menyodorkan 3 nama kadernya sebagai pengganti Zainudin.

Nantinya hal itu, kata dia, akan tergantung Jokowi sebagai presiden yang akan memilih. Sebab, hal itu merupakan hak prerogratif presiden.

“Ya pasti kira-kira pak airlangga nyetor 3 lah nama. Mungkin 3 dipilih presiden mau yang mana,” katanya.

Sumber : suara.com