Golkar Sodorkan Jusuf Hamka-Kaesang Lawan Anies di Jakarta

Jakarta : Partai Golkar menyiapkan kader internal, Jusuf Hamka atau Babah Alun, untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Jusuf Hamka akan dipasangkan dengan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, bila putra bungsu Presiden Joko Widodo itu maju di Jakarta.

“Untuk mendukung Kaesang, seandainya beliau memilih Jakarta. Saya siapkan kader Partai Golkar yang sudah malang melintang di infrastruktur, yaitu Babah Alun,” kata Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Kamis (11/7/2024).

Duet ini akan dipasangkan untuk melawan Anies Baswedan, yang lebih dulu telah menyatakan siap kembali maju di Pilkada Jakarta 2024. Setidaknya, sampai saat ini dua parpol yang menyatakan siap mengusung Anies adalah PKB dan PDIP.

Airlangga memandang, salah satu tantangan Jakarta, yakni infrastruktur. Terutama untuk mengatasi kemacetan.

Karena itu, ia memilih menyiapkan Babah Alun untuk dipasangkan dengan Kaesang di Pilkada Jakarta. Walaupun demikian, Airlangga mengaku masih banyak waktu untuk membahas soal wacana tersebut.

Ia pun menyebut partainya tidak terburu-buru, dan akan menggunakan survei sebagai basis. Termasuk akan dibicarakan dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

KIM merupakan koalisi pendukung pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pemilu 2024. Sejumlah Partai KIM meliputi Golkar, PSI, Partai Gerindra, Partai Demokrat, hingga Partai Amanat Nasional.

“Masih ada waktu dua bulan. Tetapi apabila kesempatan itu ada, dan Kaesang siap untuk maju, Partai Golkar akan mendukung,” katanya.