Kolaborasi Apik Airlangga-Ahmad Doli Dinilai Bawa Golkar Makin Berjaya

Kolaborasi antara Airlangga Hartarto – Ahmad Doli Kurnia dalam menakhodai Partai Golkar berhasil ditunjukkan. Duet keduanya dinilai sukses membuat perolehan suara Golkar naik di Pemilu 2024.
“Golkar itu hampir merata kalau diperhatikan, saya membuka data Dapil itu figur-figur kuat di dapilnya setiap di Golkar itu banyak kuat,” ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (16/6/2024).

Suara partai berlambang pohon beringin tersebut dinilai mengalami kenaikan signifikan. Disebutkan, Golkar berada di posisi kedua sebagai partai peraih suara terbanyak diikuti banyak kader lolos parlemen baik di level lokal hingga nasional

Hanta Yuda menyebut Airlangga berhasil mengkonsolidasi simpul-simpul Golkar di daerah menjadi kekuatan pengepul suara kuat. Hal ini menurutnya membuat Golkar mampu mendulang suara besar pada Pemilu 2024.

Di sisi lain, Ahmad Doli yang juga Korbid Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar disebut sukses mengelaborasi setiap arahan dari Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Hingga menjadi instruksi yang mudah direalisasi kader di akar rumput.

“Karena kita tahu stoknya tokoh-tokoh caleg-caleg di Golkar sangat kuat,” terangnya.

Lebih lanjut Hanta menyebut, terdapat dua faktor penopang kuat agar partai politik dapat terus kokoh berlayar. Keduanya yakni sosok caleg dan captive market Golkar sebagai partai paling berpengalaman.

“Faktor caleg ini, faktor utama di dalam Pileg. Selain faktor-faktor mesin politik captive marketnya dan seterusnya,” ungkapnya.

Sementara itu Ahmad Doli mengatakan Golkar terus melakukan pembenahan dan evaluasi menghadapi Pemilu dan Pileg 2024. Terlebih merangkum data dari sejumlah survei tren suara Golkar berada di kisaran 12% hingga 14% dalam beberapa tahun terakhir.

“Dengan fakta-fakta tersebut, maka kami di Golkar tidak terlalu terkejut dengan hasil Pileg 2024 yang cukup baik,” kata Doli.

Disebutkan Golkar tercatat berhasil menguasai 18 persen kursi DPR, Golkar juga memimpin perolehan kursi di tingkat DPRD Provinsi. Golkar mendapatkan kursi DPRD terbanyak, meningkat dari 309 di Pemilu 2019 menjadi 359 di Pemilu 2024.

Golkar berhasil meraih 2.521 kursi DPRD Kabupaten/Kota se-Indonesia pada Pemilu 2024 naik dibanding Pemilu 2019 lalu 2.422 kursi. Golkar berhasil menempatkan 120 kadernya menjadi ketua DPRD, serta 220 kursi wakil ketua DPRD kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Sumber : detik.com