20 Juta Follower Instagram Jadi Modal Ridwan Kamil Sedot Pemilih Milenial untuk Golkar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi salah satu pejabat publik yang aktif di media sosial. Termasuk Instagram. Tercatat dia memiliki 20,4 juta followers atau pengikut di Instagram.

Pengamat Politik dan Ilmu Pemerintahan Universitas Jenderal Achamd Yani (Unjani) Cimahi Arlan Sidha menilai banyaknya pengikut Ridwan Kamil di media sosial bakal berdampak terhadap suara Partai Golkar.

Sebab Ridwan Kamil kini sudah menjadi bagian dari partai tersebut dan ditunjuk sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih dan co-chair Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar.

“Kita tahu Ridwan Kamil memiliki followers banyak di sosial media. Saya rasa bergabungnya Ridwan Kamil ke Golkar akan membawa imbas positif terhadap Golkar. Golkar akan mendapat insentif suara dari fans Ridwan Kamil,” kata Arlan saat dihubungi Suara.com pada Kamis (22/6/2023).

Meski begitu, kata Arlan, belum tentu semua pengikut Ridwan Kamil di media sosial akan memilih Partai Golkar di Pemilu 2024. Sebab, kata dia, bisa saja ada pengikutnya yang mengagumi sosoknya namun tidak suka terhadap partainya.

“Bukan karena kepartaiannya. Bisa jadi mereka mengikuri Ridwan Kamil karena pemikiran-pemikirannya dan kemudian gaya milenialnya dan beberapa hal,” sebut Arlan.

Meski begitu, Arlan meyakini citra positif yang dibangun Ridwan Kamil selama memimpin Jawa Barat sejak tahun 2018 sedikitnya akan mendongkrak suara Partai Golkar. Khususnya dari pemilih kalangan milenial.

“Paling tidak citra politik yang dibangun Ridwan Kamil akan berimbas kepada Golkar. Seperti ada harapan baru bahwa Golkar di Jawa Barat akan solid. Beliau juga tidak begitu kaku ketika ketemu milenial, ini jadi salah satu modal,” ujarnya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil mengatakan bakal fokus bersama Partai Golkar usai tugasnya sebagai Gubernur Jabar periode 2018-2023 selesai pada September mendatang. Apalagi dia diberikan tugas untuk memenangkan Partai Golkar di DKI Jakarta, Jabar dan Banten.

“Setiap anggota partai pasti punya tugas mensukseskan tugas dari partainya,” kata Ridwan Kamil.

Sumber : suara.com